Ads Left

Minim Modal Ingin Buka Usaha, Kenapa Tidak?

Minim Modal Ingin Buka Usaha, Kenapa Tidak?

Modal selalu menjadi alasan utama mengapa banyak orang ragu dalam memulai usaha. Banyak dari kita beranggapan tanpa modal yang kuat atau besar, maka bisnis atau usaha tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Selain dana milik pribadi, modal juga dapat berasal dari pinjaman, salah satunya adalah pinjaman dari bank.

Memang benar, pinjaman bank dapat dijadikan salah satu modal bisnis yang dapat diandalkan, akan tetapi ada juga cara lain untuk memulai usaha atau bisnis dengan modal kecil. Caranya adalah memulai bisnis dengan skala kecil.

Dengan bisnis skala kecil, pelaku usaha dapat mengeluarkan modal yang tidak terlalu banyak, sehingga peluang untuk kehabisan modal tidak terlalu besar. Banyak sekali bisnis skala kecil yang tidak terpikirkan oleh beberapa orang. Membuka bisnis skala rumahan adalah salah satu cara kita agar menghemat modal.

Dengan membuka bisnis rumahan kita dapat menghemat modal yang harus dikeluarkan untuk menyewa lapak atau ruko. Selain itu, membuka bisnis skala rumahan juga tidak menyita banyak waktu untuk melakukan pekerjaan rumah lainnya. Salah satu bisnis yang bisa dilakukan dengan skala rumahan adalah membuat bisnis F&B (food and beverage) atau bisnis makanan dan minuman.

Menjual makanan dan minuman adalah bisnis rumahan yang sudah banyak dilakukan oleh pelaku bisnis. Apalagi di jaman serba online ini, menjual makanan dapat dilakukan secara online untuk menghemat modal usaha.

Kamu juga dapat dengan mudah mendapatkan referensi produk yang dijual dengan melihat video memasak di channel YouTube atau platform digital lainnya. Kemudian dengan menggunakan layanan delivery berbasis ojek online dapat mempermudah dalam mendistribusikan produk kepada pelanggan.

Baca juga: Usaha Bakso Kemasan di Tengah Pandemi

Selain bisnis F&B kita dapat juga menjual pulsa elektronik sebagai usaha dengan modal yang sedikit. Hampir semua orang memiliki ponsel untuk berinteraksi, dan sebagian penduduk Indonesia menggunakan kartu pra bayar.

Ini membuat bisnis berjualan pulsa elektronik menjadi sesuatu yang menjanjikan. Modal yang diperlukan hanya berupa ponsel dan modal dibawah 1 jt untuk membeli pulsa elektrik diawal. Selain bermodal rendah bisnis pulsa elektrik ini juga mudah dilakukan dan sangat fleksibel, karena dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun. Kamu hanya perlu mendaftar ke provider pulsa elektronik kemudian melakukan deposit modal.

Setelah itu kamu dapat memulai menjual pulsa elektrik dengan harga yang kamu inginkan. Omset dari bisnis menjual pulsa elektrik diperkirakan dapat mencapai 20 triliun setahun untuk pebisnis pulsa besar di Jakarta. Permintaan akan pulsa elektrik tidak diragukan lagi keberadaanya. Target penjualannya pun banyak dan bisa dari teman sekantor, kolega, tetangga, atau orang-orang terdekat.

Apabila kamu memiliki keahlian khusus, membuka usaha les privat adalah solusi bisnis dengan modal kecil yang harus kamu lakukan. Keahlian itu dapat kamu bagikan kepada sesama dan menjadi sumber penghasilan. Baik keahlian bermain alat musik, berbahasa asing, sampai keahlian menguasai beberapa mata pelajaran di sekolah dapat dijadikan materi untuk les privat.

Jika kamu tidak memiliki tempat untuk mengadakan les privat, kamu dapat mengunjungi rumah muridmu dan mengajar disana. Modal terpenting dari usaha ini adalah keahlian kita. Modal lainnya yang dikeluarkan kemungkinan hanya peralatan yang mendukung kelas privat itu, seperti alat tulis, buku bahan ajar, ataupun alat musik.

Biaya yang kamu tawarkan sebaiknya melihat kondisi ekonomi daerah tempat kamu mengajar dan kemampuan target pasar yang kamu tuju. Apabila kamu akan mengajar di kota besar seperti Jakarta, kamu dapat menagih biaya yang standar dengan pasaran les privat lainnya.

Sedangkan jika target pelanggan berada di kota kecil maka sebaiknya kamu tidak memasang tarif yang terlalu tinggi. Selain itu les privat ini dapat dilaksakan secara daring untuk menghemat modal yang kamu keluarkan untuk biaya transportasi.

Kemajuan teknologi juga dapat membuka peluang kita untuk mendirikan bisnis online yang berbasis dropshiper. Kamu tidak perlu bersusah payah untuk menyediakan barang yang akan dijual dan tempat penyimpanannya (gudang). Bisnis berbasis dropshiper dapat dikategorikan sebagai bisnis tanpa modal. Anda hanya perlu mencari pembeli yang mau membeli produk yang anda tawarkan.

Pengemasan dan pengiriman produk akan dilakukan oleh toko asli tempat produk itu dijual. Dengan memanfaatkan platform media sosial dan marketplace kamu dapat dengan mudah mencari pembeli dan menawarkan produk kepada pelanggan.

Banyak sekali bisnis atau usaha yang dapat dilakukan dengan modal yang sedikit. Hal terpenting dari mendirikan suatu bisnis adalah jangan takut mencoba untuk memulai. Mulai lah bisnis anda dari skala kecil agar modal yang terpakai sedikit dan mencegah kerugian besar. Jika kamu sudah memiliki keuntungan yang cukup, kamu dapat berinvestasi untuk mengembangkan usaha mu menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Sumber gambar: teras.id

Check Also

Ide Bisnis di Kampung yang bisa Anda Lakukan dengan Modal Kecil

Mungkin diantara kita banyak yang berpikir bahwa usaha yang menjanjikan pasti bertempat di kota. Hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Left