Ads Left

Hobi Memasak, Berikut Ide Bisnis yang Cocok untuk Anda

Hobi Memasak, Berikut Ide Bisnis yang Cocok untuk Anda

Bagi anda yang memiliki hobi memasak atau makan, anda sangat cocok untuk berbisnis makanan atau biasanya disebut F&B (food and beverage). Tidak perlu repot untuk mencoba usaha dibidang lain, karena anda sudah memiliki minat dan passion yang pas untuk bisnis makanan ini.

Anda hanya perlu mencari ide usaha yang tepat untuk dikembangkan. Dalam berbisnis makanan, anda dapat menjual berbagai macam sesuatu yang bisa dimakan, entah dari jenis kue, roti, bahkan hingga lauk-pauk. Pilihan yang anda suka dan bisa anda lakukan akan memiliki peluang yang menguntungkan untuk anda.

Apalagi dengan kemajuan teknologi yang berkembang sangat masif ini. Anda dapat menggunakan platform media sosial untuk mencari pelanggan dan memasarkan produk anda. Tak hanya itu, anda juga dapat memanfaatkan marketplace yang tepat untuk memperluas pasar anda.

Baca juga: Digital Marketing Untuk Anda yang Ingin Menaikan Omset di Masa Pandemi

Kemajuan teknologi juga dapat mempermudah anda dalam pengiriman produk anda yang sebagian besar adalah produk yang mudah rusak dalam perjalanan dengan munculnya berbagai jasa layanan antar barang baik dalam kota maupun luar kota.

Selain secara online, anda juga dapat membuka katering rumahan, restoran, bahkan kafe yang sedang ramai peminatnya saat ini. Nah, bagi anda yang tertarik untuk berbisnis kuliner, berikut ada beberapa ide usaha makanan yang bisa menjadi inspirasi bagi anda yang memiliki hobi memasak.

Salah satu ide bisnis yang dapat anda kembangkan adalah bisnis makanan tradisional. Indonesia memiliki beragam makanan khas Nusantara dari berbagai daerah. Keuntungan yang anda miliki apabila anda mengembangkan bisnis ini adalah lidah-lidah orang Indonesia pasti sudah sangat familiar dengan citarasa yang akan anda sajikan, sehingga berbisnis makanan tradisional ini memiliki potensi yang bagus.

Anda dapat membuka restoran yang menyanjikan ragam masakan khas suatu daerah seperti restoran masakan Manado, rumah makan nasi Padang, Warteg (warung Tegal) yang menyajikan makanan sehari-hari, rumah makan khas Sunda, dan lain sebagainya.

Selain itu anda juga dapat membuat dan menjual kue. Ada beragam kue-kue tradisional khas dari masing-masing daerah di Indonesia. Kue-kue yang bisa anda jual pun beragam, seperti klepon, onde-onde, serabi, bika Ambon, lemper, dan lainnya. Anda bisa menyesuaikan jenis kue yang anda jual bergantung dengan banyaknya permintaan di kota anda.

Anda juga dapat berjualan pangan khas atau ikonik dari berbagai daerah di Indonesia, seperti pempek yang merupakan makanan khas Palembang, batagor yang identik dengan kota Bandung, lumpia yang menjadi makanan khas kota Semarang, dan lain sebagainya.

Ide bisnis makanan lainnya yang dapat anda kembangkan adalah ide bisnis makanan unik. Makanan unik dapat menarik rasa penasaran dari konsumen untuk mencobanya. Ide bisnis makanan unik ini sangat menjanjikan, apalagi di jaman sekarang ini orang selalu mencari hal-hal aneh dan unik yang dapat menarik dan menjadi viral di media sosial.

Semakin terlihat aneh, orang semakin penasaran untuk mencobanya, bahkan rela mengantri untuk mencoba makanan ini. Contohnya adalah fenomena bakso beranak, bakso raksasa yang di dalamnya terdapat bakso-bakso kecil. Padahal bakso adalah makanan biasa yang sering orang makan, akan tetapi bila di sajikan dengan cara yang tidak biasa, maka dapat menarik perhatian konsumen.

Atau pun anda dapat membuat kue-kue dengan bentuk unik menyerupai binatang yang lucu itu akan menjadi sesuatu yang unik yang dapat menarik perhatian konsumen. Dalam penyajian makanan pun dapat di kreasikan dengan wadah atau kemasan yang unik dan belum pernah dibuat oleh orang lain untuk menarik minat konsumen.

Jika anda tinggal di kota besar anda dapat mengembangkan bisnis makanan sehat. Masyarakat di kota-kota besar sudah banyak yang menjalani gaya hidup sehat. Salah satu yang mereka lakukan adalah mengkonsumsi makanan-makanan sehat demi menjaga kesehatan. Menu yang bisa anda tawarkan biasanya dapat terbuat dari nasi merah, buah-buahan, sayur-sayuran, kacang almond, roti gandum, dan lainnya.

Makanan yang dipilih biasanya bersifat organik, higienis, dan harus memiliki kandungan gizi yang seimbang. Anda dapat menyasar konsumen yang menyukai olahraga, fitnes, atau konsumen yang tengah menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Mereka pasti akan tertarik, walaupun harganya cenderung agak mahal.

Ide bisnis yang terakhir adalah bisnis menjual makanan pedas. Banyak orang yang menyukai makanan pedas. Memakan makanan pedas dapat menimbulkan sensasi tersendiri bagi orang yang menyukainya. Maka dari itu banyak pebisnis kuliner yang sengaja menjual makanan pedas untuk menarik perhatian para pencinta pedas. Beberapa makanan pedas yang sedang naik daun dan banyak peminatnya yaitu, seblak, mie pedas, dan ayam geprek pedas.

Anda dapat membuat level pedas pada makanan yang anda jual, sehingga konsumen dapat memilih sesuai selera mereka. Selain menjual makanan pedas berupa makanan berat, anda juga dapat menjual makanan pedas berupa camilan dan keripik yang memiliki cita rasa pedas.

Bisnis kuliner atau F&B tidak akan pernah ada matinya. Pasti akan selalu ada peminat dan permintaan dari konsumen. Semuanya sekarang bergantung pada anda untuk mengembangkan yang hanya dari sekedar hobi memasak menjadi bisnis kuliner pertama anda. Selamat berbisnis.

Sumber gambar: moneysmart.id

Check Also

Ide Bisnis di Kampung yang bisa Anda Lakukan dengan Modal Kecil

Mungkin diantara kita banyak yang berpikir bahwa usaha yang menjanjikan pasti bertempat di kota. Hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Left