Butuh Tambahan Penghasilan? Ini Ide Bisnis yang Cocok untuk Karyawan

Ide Bisnis Karyawan

Memiliki penghasilan tetap setiap bulannya adalah salah satu keuntungan menjadi karyawan. Tak cuma itu, ada juga keuntungan lain seperti berupa jaminan kesehatan sampai uang pesangon.

Namun, tuntutan akan kebutuhan hidup seringkali membuat penghasilan yang diterima setiap bulannya terasa pas-pasan bahkan kurang. Walaupun memiliki tabungan, ada kalanya tabungan bisa habis terpakai karena keperluan tak terduga yang dengan terpaksa harus dikeluarkan.

Tentu siapa saja ingin mempunyai penghasilan lebih untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, akan tetapi sebagai karyawan hal tersebut tampak sulit mengingat keterbatasan waktu hingga ruang gerak yang dimiliki seorang karyawan terbatas untuk memiliki pekerjaan tambahan untuk menopang kebutuhan hidupnya.

Kondisi demikian seharusnya tidak bisa menghalangi niat untuk mempunyai tambahan penghasilan. Apalagi di jaman serba online ini karyawan seharusnya bisa mempunyai tambahan penghasilan dengan mudah, salah satunya adalah menjalakan bisnis.

Menjadi Reseller

Era serba digital ini bisa dimanfaatkan untuk membuat ide usaha sampingan yang dapat dilakukan oleh seorang karyawan. Menjadi reseller online shop adalah salah satu caranya. Masa kini banyak sekali orang yang mencari kebutuhannya via internet. Jenis bisnis ini sangat cocok dilakukan oleh seorang karyawan karena tidak memerlukan modal besar dan dapat dilakukan dimana saja menggunakan smartphone. Pemasaran juga dapat dilakukan melalui platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, hingga WhatsApp.

Melakukan penjualan di e-commerce juga dapat dengan mudah dilakukan karyawan yang ingin menjadi reseller ini. Apalagi dengan banyak fitur e-commerce yang biasanya menawarkan gratis ongkos kirim, akan semakin banyak konsumen yang tertarik membeli dan semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan. Menjadi reseller online shop tidak terlalu merepotkan karena kamu hanya menjual barang milik distributor, dan pekerjaan ini dapat dilakukan di sela-sela waktu luang.

Baca juga: 4 Trik yang Wajib Diketahui Penggila Belanja Online

Bisnis Properti

Bisnis selanjutnya yang dapat dilakukan oleh seorang karyawan adalah bisnis properti atau menjadi broker properti. Bisnis properti merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Banyak orang yang awalnya mengeluti bisnis ini menjadi sukses dan bergelimang harta. Properti masih menjadi kebutuhan orang, baik kebutuhan akan hunian atau tempat usaha.

Baca juga: Ingin Berinvest di Properti? Simak Penjelasan Investasi Properti dan Keuntungannya

Menjadi broker properti saja anda sudah berpeluang besar untuk mendapat komisi yang lumayan besar. Broker properti biasanya menjadi perantara antara pemilik properti dengan calon pembeli. Komisi yang didapatkan oleh broker properti memanglah tak menentu bergantung dengan kesepakatan dengan pemilik properti.

Akan tetapi, apabila kita mendapatkan satu persen saja dari setiap penjualan properti, dan misalkan properti yang berhasil kita jual bernilai 800 juta, maka seorang broker akan mendapat komisi sebesar 8 juta. Salah satu ide bisnis sampingan untuk karyawan ini dapat kamu coba, karena pekerjaan ini dapat dikerjakan kapan pun dan dimana pun.

Jalinlah kerjasama sebagai agen resmi suatu perusahaan properti untuk menjajaki bisnis broker properti ini. Apalagi dengan kecanggihan teknologi kamu dapat menjadi broker properti secara online. Selain menambah penghasilan, broker properti online ini dapat dijadikan sarana untuk mendapatkan banyak kolega bisnis.

Bisnis Kuliner

Bisnis yang dapat dijadikan sarana menambah penghasilan adalah bisnis kuliner atau biasa disebut f&b (food and beverage). Bisni f&b ini merupakan bisnis yang tidak akan pernah sepi peminatnya. Bisnis ini sangat cocok untuk kamu pekerja kantoran atau karyawan yang memiliki hobi memasak. Bisnis ini dapat dimulai dari bisnis kecil-kecilan saja, misalnya membuat sajian yang ringan seperti cookies, salad buah, atau pun yang lainya.

Kamu dapat menjualnya kepada kolega di kantor atau secara online melalui media sosial. Dengan berkembangnya tren di dunia kuliner, kamu juga dapat melakukan inovasi-inovasi dari makanan yang sedang viral atau diminati masyarakat.

Kamu juga dapat melakukan penjualan saat kamu memiliki banyak waktu luang, dengan cara melakukan sitem pre order atau pemesanan berbatas pada menu makanan atau minuman yang kamu jual. Selain untuk menyesuaikan dengan waktu luang, pre order atau pemesanan berbatas ini dapat membuat produk yang kamu jual dinantikan banyak orang.

Baca juga: Usaha Bakso Kemasan di Tengah Pandemi

Jastip (Jasa Titip)

Selain itu, bisnis sampingan yang dapat dilakukan seorang karyawan adalah membuat “jastip” atau jasa titip. Jastip ini sedang booming di media sosial dan kamu bisa memanfaatkannya untuk dijadikan tambahan penghasilan. Jastip ini dapat kamu lakukan sambil berlibur dengan membelikan pesana berupa oleh-oleh atau mengisi waktu luang.

Tak hanya melakukan jasa titip saat traveling, pusat perbelanjaan pun dapat dijadikan tempat untuk jasa titip ini. Apalagi di masa pandemi ini, banyak orang yang engan membeli kebutuhan atau produk di tempat ramai dengan alasan keamanan diri dan kesehatan. Dengan jasa titip ini kamu dapat mengisi waktu luang atau waktu libur mu sambil mendapatkan tambahan penghasilan.

Demikian lah ide-ide usaha untuk karyawan yang dapat menambah penghasilan. Banyak sekali cara yang dapat digunakan karyawan untuk mendapatkan tambahan penghasilan dengan cara yang seru dan menyenangkan. Jangan takut untuk memulai, dengan niat dan usaha siapapun dapat memulai bisnis.

Sumber gambar: Moneysmart.id

Check Also

Ide Bisnis di Kampung yang bisa Anda Lakukan dengan Modal Kecil

Mungkin diantara kita banyak yang berpikir bahwa usaha yang menjanjikan pasti bertempat di kota. Hal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *