Ads Left

TikTok Pendatang Baru yang Mendatangkan Omzet

TikTok Untuk Digital Marketing

Saat ini semakin banyak aplikasi jejaring sosial yang muncul dan membuat suatu trend baru. Orang-orang lebih leluasa serta berani mengekspresikan diri mereka ke publik dan kebiasaan orang-orang di media sosial telah bergeser yang pada awalnya hanya melalui teks atau tulisan yang diunggah, sekarang kita dapat mengunggah berupa gambar atau foto, dan ditambah lagi dengan kelengkapan audio dan video. Hal ini mencerminkan bagaimana kebebasan berekspresi itu benar-benar difasilitasi dengan berkembangnya teknologi.

Salah satu contohnya adalah kemunculan fitur-fitur baru pada aplikasi jejaring sosial. Perkembangan ini pun memunculkan banyak peluang baru dalam segi bisnis untuk memanfaatkannya sebagai alat pemasaran media sosial atau social media marketing.

Siapa yang tak kenal aplikasi jejaring sosial TikTok? TikTok adalah platform sharing atau berbagi video singkat yang sedang ramai digunakan. Biasanya orang mengunggah konten kreatif yang menghibur seperti mengikuti challenge (tantangan), bernyanyi, menari, akting, lipsync lagu, membuat video tutorial, dan kegiatan kreatif lainnya.

Kini, aplikasi dengan 800 juta pengguna aktif ini menjadi salah satu sumber video viral terbesar di internet. Tingginya minat dan cepatnya persebaran konten dari TikTok ke seluruh platform media sosial yang lain ini menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia online marketing.

Baca juga: Digital Marketing Untuk UMKM, Mengapa Tidak?

Cara promosi bisnis dengan menggunakan TikTok ini kini menjadi salah satu solusi yang banyak digunakan baik oleh brand besar atau pelaku usaha baru. TikTok sejatinya adalah aplikasi untuk membagikan video hiburan yang sangat populer dikalangan anak muda pada awalnya.

Namun semakin lama orang tua pun ikut menikmati dan menjadi pengguna aplikasi ini. Aplikais ini dapat digunakan untuk membuat video dengan sebuah efek dan musik yang menarik dengan durasi yang singkat. Cara mengoperasikan platform besutan ByteDance ini pun tergolong mudah dan dapat dilakukan oleh seluruh kalangan.

Selalu mengikuti perkembangan trend di TikTok merupakan salah satu cara melakukan promosi di aplikasi ini. Setiap platform media sosial pasti memiliki trendnya masing-masing dan memiliki daya tarik tersendiri. Dengan memperhatikan detail trend yang sedang berlangsung pada platform ini maka pasti akan membantu kita dalam menentukan konten. Jika konten yang kita buat banyak dilihat dan menarik, maka anda dapat membaur dengan para pengguna lainnya agar produk/brand yang anda tawarkan dikenal banyak orang.

Selain mengikuti trend yang sedang berlangsung, anda juga dapat menggunakan hashtag (#) yang sesuai dengan konten yang dibuat. Konten video TikTok bergantung pada hastag untuk katalog dan pencarian sesuai judul. Melalui menu Discover, konten video akan diurutkan sesuai hastag yang sedang trending.

Apabila hal ini anda lakukan dengan tepat, produk/brand yang akan diperkenalkan dapat dikenal banyak orang dan meningkatnya penjualan bisnis kita, karena penggunaan hastag ini dapat membantu kita dalam menyebar luaskan koten pemasaran bisnis.

Melalui hashtag, anda juga dapat melihat dan menentukan kompetitor anda, akan tetapi anda juga harus menghindari hashtag yang terlalu umum dan populer agar konten anda tidak terkubur oleh video lainnya. Lebih baik gunakan hashtag yang spesifik dan tidak terlalu populer agar konten bisnis anda mendapatkan spotlight.

Pilihlah hashtag yang relevan dan tambahkan hashtag #fyp agar konten anda muncul dihalaman depan pengguna.

Bekerjasama dengan influencer TikTok yang mempunyai audience sesuai target market anda juga merupakan salah satu cara melakukan pemasaran di TikTok. Akan tetapi sebelum memilih influencer anda perlu menganalisis audience dari influencers tersebut.

Hal ini dilakukan untuk memastikan audience meraka cocok dengan target pemasaran produk anda. Selain menganalisis audience anda juga perlu membangun reputasi dengan konten yang berkualitas. Akan lebih baik jika memang influencer yang bekerja sama dengan anda adalah orang yang sudah lama menggunakan produk anda. Pengguna lebih tertarik dengan originalitas, meskipun kualitas kurang baik, tetapi reviewnya lebih terpercaya.

Sama seperti Instagram, Facebook, dan YouTube, TikTok juga memiliki jasa pengiklanan yang formal. Jadi anda dapat mengiklankan produk anda dengan mudah. TikTok menyiapkan sebuah program untuk menganalisis atau mengukur seberapa sukses iklan yang dijalankan di platform tersebut. Platform ini sudah bekerjasama dengan 20 mitra, termasuk platform pemasaran digital MakleMeReach dan firma analisis Kantar.

Beberapa jenis iklan yang ditawarkan oleh TikTok di antaranya adalah, Pre-roll ads atau iklan video yang muncul setelah aplikasi di buka, In-feed ads yang muncul di tengah feed akun, Promoted hashtag challenges atau video promosi hashtag tertentu, dan Branded effects yang menyediakan filter yang menampilkan brand tertentu.

Berbagai macam fitur iklan ini dapat menjadi wadah anda berkreasi sesuai dengan tren dan fasilitas yang ada. Buatlah iklan yang tidak hanya mencuri perhatian penonton, tapi juga membangun keinginan penonton untuk mencoba produk anda.

Strategi marketing dalam menjalani bisnis merupakan hal terpenting yang harus anda lakukan. Segalanya perlu anda pertimbangkan dan sesuaikan dengan target pemasaran anda. Kenali juga perilaku pelanggan anda dan kebutuhan mereka. Banyak sekali cara untuk melakukan pemasaran apalagi sekarang sudah memasuki era digital.

Semua orang dapat melakukan penawaran dan melihat penawaran dari berbagai penjuru dunia.

Check Also

Bermodalkan Nekat, Yoyok Menjadi Penjual Panci Internasional

Tak ada yang menyangka kisah sukses Yoyok Rubiantono 14 tahun lalu diawali dengan aksi nekatnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Left