Digital Marketing Untuk UMKM, Mengapa Tidak?

Digital Marketing Untuk UMKM

Ketika berbicara tentang ekonomi dan bisnis, apalagi tentang dunia usaha terkadang kita dihadapkan pada suatu istilah yang sangat berperan terhadap perekonomian yaitu UMKM. UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) merupakan salah satu roda penggerak perekonomian Indonesia. Menurut Inna Primiana, guru besar FEB UNPAD, UMKM adalah suatu aktivitas yang berhubungan dengan ekonomi dan perekonomian dalam bentuk pergerakan pembangunan Indonesia.

Pola kehidupan masyarakat ditahun 2020 ini mengalami perubahan secara perlahan, terutama pada sektor ekonomi dan bisnis. Saat ini, digital marketing menjadi salah satu ujung tombak strategi pemasaran di tengah bergesernya pola kehidupan konvensional ke era kehidupan digital.

Digital marketing merupakan salah satu strategi yang banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan dalam melakukan promosi di era Revolusi Industri 4.0. Alasan utama yang membuat digital marketing itu penting adalah memudahkan pelaku usaha berkomunikasi dengan konsumen. Konsumen akan merasa dihargai bila dilayani dengan baik dan cepat oleh perusahaan. Begitu juga jika perusahaan mengeluarkan produk baru, bisa melakukan promosi secara langsung kepada konsumen.

Hampir seluruh masyarakat modern saat ini memiliki perangkat digital yang dapat menjadi gerbang baru dalam kehidupan. Semua jenis informasi bisa diakses melalui ponsel pintar (smartphone) oleh setiap individu. Pelaku bisnis khususnya UMKM dapat memanfaatkan kemudahan ini untuk mempromosikan berbagai macam produk dan jasa yang mereka tawarkan kepada para konsumen secara langsung.

Promosi secara online ini terbukti lebih ampuh untuk menarik perhatian calon konsumen jika dibandingkan dengan metode promosi konvensional.

Digital marketing tidak selalu berkaitan dengan pembuatan website besar yang berbayar atau dengan algoritma matematika yang rumit yang dibayangkan banyak orang. Digital marketing dapat dilakukan dengan mudah oleh pelaku UMKM dengan memanfaatkan aplikasi media sosial.

Aplikasi media sosial beragam macamnya mulai dari pesan instan hingga situs jejaring sosial yang menawarkan pengguna untuk berhubungan, berinteraksi, dan berkomunikasi satu sama lain. Aplikasi-aplikasi ini bermaksud untuk menginisiasi dan mengedarkan informasi online tentang pengalaman pengguna dalam mengonsumsi produk atau jasa, dengan tujuan utama meraih keterikatan (engagement) masyarakat. Dalam konteks bisnis, people engagement dapat mengarah kepada penciptaan profit.

Menurut Wardhana (2015), strategi digital marketing berpengaruh hingga 78% terhadap keunggulan bersaing UMKM dalam memasarkan produknya. Strategi tersebut terdiri dari kmudahnya komsumen mengetahui informasi produk dan panduan produk, ketersediaan gambar-gambar serta video yang mampu memvisualisasikan produk, ketersediaan lampiran dokumen yang berisikan informasi produk dalam berbagai format, ketersediaan alat transaksi dan variasi media pembayaran, kemampuan mengidentifikasi dan menarik pelanggan baru, dapat menampilkan dukungan opini dan testimonial pelanggan, serta pelanggan dapat langsung terhubung dengan penjual tanpa perantara.

Keuntungan yang didapatkan dari digital marketing ini adalah target dari pemasaran produk dapat diatur sesuai dengan demografi, domisili konsumen, gaya hidup, bahkan kebiasaan. Selain itu, jangkauan lebih luas karena tidak terbatas geografis, karena penggunaan internet sudah dipakai hampir diseluruh dunia.

Hasil dari strategi digital marketing juga dapat terlihat cepat serta langsung dan dapat diukur, misalnya melihat dari jumlah pengunjung situs, jumlah komentar konsumen, jumlah suka (like), dan sebagainya. Keuntungan lainnya adalah pelaku usaha dapat melakukan engagement atau meraih konsumen karena komunikasi terjadi secara langsung dan dua arah sehingga pelaku usaha membina relasi dan menumbuhkan kepercayaan konsumen.

Selain keuntungan, digital marketing juga memiliki kekurangan yaitu, mudah ditiru oleh pesaing karena konten/isi dari media sosial/website yang digunakan dapat dilihat oleh semua orang.

Baca juga: 5 Kesalahan Strategi Marketing Yang Menghambat Perkembangan Bisnis

Akun media sosial yang digunakan untuk melakukan digital marketing juga dapat di reta soleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Fitur komentar atau testimonial pelanggan juga dapat menjadi bumerang untuk pelaku usaha apabila ada komentar negatif tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Akan tetapi kekurangan dalam digital marketing ini dapat diantisipasi oleh pelaku usaha dengan cara selalu melakukan inovasi tampilan media sosial/website, memiliki perencanaan digital marketing yang matang, selalu up-date mengikuti perkembangan prilaku konsumen, menjaga kemanan akun media sosial/website, dan menjaga kepercayaan konsumen dengan menghadirkan produk barang atau jasa yang sesuai.

Tahun 2012, Stockdale, Ahmed, dan Scheepers dalam Identifying Business Value from The Use of Social Media: An SME Perspective berhasil mengidentifikasi keuntungan bisnis menggunakan media sosial bagi pelaku UMKM. Salah satunya adalah terciptanya saluran pemasaran yang berkelanjutan, karena konsumen dengan gampangnya mengetahui dan mendapatkan produk yang ditawarkan oleh pelaku UMKM.

Selain itu pelaku UMKM mendapatkan kenaikan pendapatan jangka pendek dan penjualan jangka panjang. Selanjutnya penurunan biaya advertising(pengiklanan) hingga 70%, ini karena dengan menggunakan digital marketing yang berbasis sosial media ataupun website biaya pengiklanannya lebih murah dibandingkan menggunakan media pengiklanan konvensional seperti TV, radio, koran, atau selebaran. Keuntungan lain yang dirasakan yaitu meningkatnya popularitas merek, produk, dan perusahaan.

UMKM dapat menggunakan media sosial sebagai sarana digital marketing. Selain biaya yang murah dan tidak perlu memiliki keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, pemanfaatan media sosial dalam memasarkan produk cukup efektif untuk meningkatkan keunggulan bersaing bagi UMKM itu sendiri. Pelaku UMKM harus menumbuhkan keberanian untuk mencoba hal yang baru, berlaku profesional, dan sabar menunggu hasil sambil terus berkreasi.

Sumber gambar: winetseven.com

Check Also

Bermodalkan Nekat, Yoyok Menjadi Penjual Panci Internasional

Tak ada yang menyangka kisah sukses Yoyok Rubiantono 14 tahun lalu diawali dengan aksi nekatnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *