Stop! Tanpa Sadar 7 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Rambutmu

Kebiasaan Buruk yang Merusak Rambut

Menjaga supaya rambut senantiasa berkilau, sehat, dan lembut bukanlah perkara yang mudah, terutama di cuaca panas dan lembab seperti sekarang yang membuat rambut kita semakin sulit diatur.

Meskipun tampaknya Anda sudah semua melakukan yang terbaik untuk mempercantik mahkota Anda, rupanya ada banyak kebiasaan buruk yang tidak sengaja Anda lakukan yang bisa merusak rambut Anda dari waktu ke waktu.

Jika Anda ingin mendapatkan rambut yang tetap tampil sempurna, kenali sejumlah kebiasaan buruk yang bisa merusak rambut Anda, dan perlu di waspadai atau di hindari.

1. Keramas dengan air panas

Salah satu cara termudah untuk merusak rambut Anda adalah dengan mengekspos rambut pada suhu panas yang berlebihan. Keramas dengan air panas dipercaya dapat menghilangkan minyak dan membuka kutikula agar shampoo yang Anda pakai bekerja lebih efektif dalam membersihkan rambut. Sayangnya, terlalu banyak air panas akan mengikis rambut dan membuatnya mudah kering dan kusut.

Anda bisa membilas rambut Anda dengan air hangat sebelum Anda keramas, tetapi selalu pastikan untuk membilas shampoo dengan air dingin. Cara ini juga akan membantu menutup kutikula dan membuat rambut Anda lebih halus dan berkilau.

Sulit menahan godaan air hangat terutama di penghujung hari yang melelahkan, tetapi hindari kebiasaan buruk ini demi kebaikan rambut Anda (dan kulit Anda juga!).

2. Luput memakai kondisioner sehabis keramas

Anda mungkin merasa rambut Anda cukup sehat sehingga tidak memerlukan kondisioner, tetapi jika Anda memiliki rambut yang cukup panjang, kondisioner akan membantu proses penguraian kekusutan, yang berarti rambut Anda akan lebih halus dan lebih mudah diatur serta tidak mudah patah.

Jika Anda memiliki rambut yang sangat halus, pilih kondisioner yang lebih ringan atau coba teknik reverse shampoo di mana Anda menggunakan kondisioner terlebih dahulu dan kemudian keramas setelah beberapa menit.

Baca juga: Simak 7 Tips Bergaya Agar Tetap Stylish di Era New Normal

Jika menurut Anda penggunaan kondisioner justru membuat rambut Anda berminyak, gunakan sedikit saja di ujung helai rambut. Hindari menggunakan kondisioner di seluruh bagian rambut.

Mulai dengan mengaplikasikan kondisioner dari tengah ke ujung rambut untuk memastikan supaya rambut Anda halus seperti sutra, sementara kulit kepala dan akar Anda tetap segar dan bebas minyak.

3. Menggunakan alat penata rambut bersuhu panas

Mengeringkan, meluruskan, atau mengeriting rambut pada suhu tinggi akan merusak kutikula dan membuat rambut Anda lebih rapuh dan kering. Hindari suhu yang lebih tinggi dari 180o Celcius saat menggunakan catok rambut dan ganti dengan alat penata rambut berkualitas tinggi yang memiliki bahan dan pengatur suhu yang lebih baik.

4. Tidak melindungi rambut sebelum styling

Bahkan pada suhu yang lebih rendah sekalipun, alat pemanas tetap akan merusak rambut Anda. Vitamin atau serum pelindung panas yang dioleskan sebelum menata rambut berfungsi sebagai “mantel” yang melapisi rambut dan melindunginya dari kerusakan panas dengan lebih efektif.

Rambut Anda sendiri berada pada kondisi yang cukup rapuh, jadi Anda harus melindunginya sebelum menggunakan alat penata rambut yang panasnya bahkan sanggup membakar kulit Anda.

5. Menyisir rambut dengan teknik yang buruk

Rambut Anda paling rapuh ketika basah, jadi Anda harus menghindari menyisir rambut dengan sisir yang tebal. Alat penata rambut seperti sisir bergigi lebar lebih lembut pada rambut dan dapat digunakan untuk merapikan kusut atau meratakan kondisioner pada rambut.

Jika Anda terbiasa mengeringkan rambut dengan blow-dry, mulai sekarang coba untuk mengeringkan rambut dengan menggunakan jari dan sisir saja, atau mengacak-acak rambut Anda sampai hampir benar-benar kering sebelum menggunakan sisir untuk merapikan rambut.

Selain itu, secara teratur, selalu sisir rambut Anda mulai dari bagian paling ujung sebelum melanjutkan ke bagian akar, untuk membuat proses penataan rambut sehalus dan seaman mungkin bagi rambut.

6. Menguncir rambut terlalu kencang

Cepol atau kuncir kuda yang ketat akan menarik kulit kepala Anda. Ada beberapa alasan mengapa menguncir rambut terlalu erat dapat merusak rambut Anda. Pertama, metode ini dapat membuat Anda lebih sering sakit kepala dari waktu ke waktu, dan kedua, menarik-narik folikel rambut Anda secara konstan dapat merusak rambut Anda.

Jika Anda menginginkan tatanan rambut yang aman untuk menjaga rambut Anda tetap di tempat ketika Anda melakukan kegiatan yang melibatkan banyak gerakan seperti olahraga, coba ikat rambut Anda menjadi kepang yang lebih lembut. Jenis kunciran ini jauh lebih aman untuk rambut Anda.

7. Keramas terlalu sering

Jika Anda memiliki rambut yang sangat kering, kondisi ini bisa jadi akibat dari keramas terlalu sering (dan keramas dengan air yang terlalu panas). Tentu saja, cuaca lembap membuat Anda lebih sering berkeringat, jadi bisa dimaklumi jika Anda memang perlu sering keramas.

Namun, kulit kepala Anda memproduksi minyak secara alami dan saat Anda keramas secara berlebihan, Anda membuang sia-sia persediaan minyak di dalam rambut yang diperlukan untuk menjaga rambut agar tidak kering.

Pilih shampoo yang lebih lembut seperti yang dibuat khusus untuk penggunaan sehari-hari, dan fokuskan untuk menggunakan shampoo di tempat yang Anda rasa butuh seperti kulit kepala, dan hindari terlalu banyak busa menempel di ujung rambut Anda.

Sumber gambar: Moose Photos (pexels.com)

Check Also

9 Tips Work From Home agar Tetap Produktif di Tengah Pandemi

Selama pandemi COVID-19, perusahaan-perusahaan diwajibkan untuk menerapkan kebijakan work from home (kerja dari rumah) bagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *