5 Bisnis Anak Muda Yang Sukses Mencetak Tokoh Sukses

kisah-sukses-bisnis

Siapa yang tidak mengetahui cerita mengenai kesuksesan pendiri kfc yang baru diperolehnya saat berusia 70 tahun dari 1000 kali percobaan resep yang gagal. Atau kisah dramatis Jack Ma pendiri e–commerce Alibaba yang ditolak bekerja di KFC serta tidak diizinkan masuk ke berbagai universitas pilihan. Kedua orang ini harus jatuh bangun berkali – kali namun akhirnya dapat meraih kesuksesan meski bukan diusia yang muda lagi.

Namun, stigma mengenai kesuksesan baru dapat diraih saat berusia matang nampaknya telah dipatahkan oleh beberapa tokoh muda ini. Kelima tokoh ini mampu menunjukan kepada dunia, meski minim pengalaman dan dipandang sebelah mata namun ternyata bisnisnya mampu mengebrak dunia.

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg dapat disebut orang yang paling banyak berpengaruh di dunia khususnya kepada anak muda. Bagaimana tidak, pada usia 20 tahun ia mampu membuat sebuah penemuan fenomenal yang mampu menyatukan orang dari seluruh penjuru dunia dalam satu wadah hingga dapat bisa berkomunikasi dengan begitu mudahnya.

Meski awalnya hanyalah suatu proyek asal – asalan yang dianggap remeh namun nyatannya Facebook menjadi platform social media paling terkenal di dunia. Facebook tak hanya sekedar wadah bersosialisasi namun kini menjadi sarana kampanye, pemberi informasi hingga market place. Bahkan, Facebook berhasil mengakuisisi whatsapp serta instagram kedalam satu perusahaan yang sama.

Reza Nurilham

Lagi – lagi tokoh muda ini meraih kesuksesan berawal dari coba – coba. Reza Nurilham awallnya hanya memiliki ide untuk memasarkan keripik pedas lokal dari Bandung di media sosial. Mendapat tanggapan baik dari pasaran kemudian ia mengembangkan bisnis penjualan kripik tersebut dengan membuat Brand bernama Maicih.

Untuk pemasaran ia mengunakan sistem keagenan dimana penjualan tidak berada di satu outlet saja namun tersebar di berbagai titik di Indonesia. Dengan sistem ini, Reza berhasil meraih omzet hingga 7 Milyar pada 6 bulan pertama.

Nadiem Makarim

Nadiem Makarim salah satu tokoh fenomenal dalam beberapa tahun ini. Tahun 2011 pria kelahiran tahun 1984 ini memulai mewujudkan ide briliannya dengan membuat penyedia jasa transportasi ojek berbasis online (GOJEK).

Merupakan terobosan yang fenomenal, Gojek tak hanya mampu memberikan kemudahan kepada masyarakat namun mampu membuka lapangan kerja baru, serta membantu pergerakan ekonomi negara ke arah yang lebih baik. Prestasi Nadiem Makarim mendapat banyak apresiasi positif salah satunnya oleh Presiden Joko Widodo yang memilihnya sebagai Menteri Pendidikan periode 2019 – 2024.

Ferry Unardi

Merencanakan liburan kini situs yang pertama kali dituju adalah Traveloka. Menjadi perusahaan rintisan pertama yang berfokus pada penyedia layanan pencarian tiket, hotel dan juga akomodasi, Ferry Unardi membuktikan ide cemerlangnya mampu membuat perjalanan konvensional menjadi lebih praktis dan terorganisir.

Ide yang begitu cemerlang ini membuat Traveloka tak pernah ditinggalkan oleh investornya, bahkan Traveloka terus berkembang dan ikut bekerjasama dengan berbagai platform digital lainnya.

Amanda Cole

Seorang pengusaha dapat dikatakan sukses jika mampu membangun suatu usaha dari nol, dikenal, berkembang, memperoleh profit besar dan usaha tersebut mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat. Seperti gagasan yang diwujudkan Amanda Cole melalui sayur box.

Diawali dari keprihatinan gadis berusia 29 tahun ini tentang nasib para petani yang hanya memperoleh sedikit pendapatan dikarenakan potongan dari para tengkulak. Karena itu, Sayur Box didirikan sebagai wadah penyaluran langsung hasil pertanian langsung ke konsumen.

Amanda juga melihat segmen penjualan sayuran secara online kini sangat diminati oleh masyarakat luas. Berkat kegigihannya, founder yang kini memiliki 80 karyawan ini mendapat penghargaan dari majalah Forbes.

Kelima tokoh diatas berhasil memberikan inspirasi kepada para anak muda di Indonesia bahwa keberhasilan bukan hanya dapat diraih oleh para pengusaha yang sudah berpengalaman.

Meskipun berusia muda dan minim pengalaman namun dengan ide yang Out The Box dapat membawa warna baru dalam sektor ekonomi di Indonesia. Kunci dari keberhasilan adalah sikap gigih, pantang menyerah dan melihat celah kesuksesan dalam setiap kesempatan.

Sumber gambar: Fab Lentz on Unsplash

Check Also

Jatuh Bangun Rintis Usaha Seorang Entrepreneur Muda Sukses Saat Pandemi

Galih, begitu sapaan pria berumur 27 tahun ini. Ia merupakan salah satu sosok entrepreneur muda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *