Ingin Tetap Fit Saat Masa Pandemi? Berikut 13 Makanan Sehat Wajib Konsumsi

Virus covid-19 telah menyerang hampir keseluruhan belahan dunia termasuk di Indonesia. Kasus positif covid-19 sendiri mulai terdeteksi semenjak awal maret silam di negara kita. Semenjak itu, semua sektor di negara semakin menurun dan melemah. Hampir semua orang terkena dampak yang besar.

Apalagi sampai saat ini infeksi virus tersebut belum teratasi dan masih menunggu uji vaksin dalam waktu lama. Tapi, haruskah kita khawatir? Tentu saja tidak. Kita memang dituntut untuk waspada dan mengedepankan protokol kesehatan. Namun, jangan menyebar kepanikan. Sebaiknya mencari tahu cara-cara ampuh hindari virus covid-19 seperti beberapa bahan makanan sehat di bawah ini.

Baca juga: 9 Langkah Jitu Cara Hidup Sehat Saat New Normal

Brokoli

Siapa yang tak kenal akan sayuran hijau ini? Selain nikmat untuk diolah sebagai bahan masakan, ternyata brokoli juga bagus sebagai salah satu makanan sehat untuk menangkal virus covid-19. Brokoli mengandung vitamin C dan vitamin E yang bagus untuk kesehatan dan imunitas. Bahkan, brokoli bisa mencukupi hingga 30 sampai 35% kebutuhan vitamin C harian. Tidak hanya itu, brokoli juga kaya akan antioksidan penangkal radikal bebas.

Daging

Daging yang merupakan salah satu penghasil protein ini juga baik untuk menangkal infeksi virus. Sebab, daging baik yang rendah lemak mengandung banyak nutrisi penting bagi kesehatan. Nutrisi ini berupa omega 3, zat besi hingga vitamin. Jadi, jika diolah dengan benar bukan tak mungkin bahan makanan ini mampu memerangi virus jahat tersebut.

Paprika

Source: https://www.pexels.com/photo/bell-peppers-on-gray-table-858099/

Sayuran yang menyerupai cabe berukuran besar ini ternyata memiliki kandungan vitamin C yang besar. Bahkan, penelitian kesehatan menyatakan banyaknya kandungan vitamin C terutama pada paprika merah melebihi vitamin C pada buah jeruk. Hingga, bisa dibayangkan betapa berharganya mengkonsumsi paprika merah ini secara rutin.

Strawberry

Buah berwarna merah cerah yang memiliki citra rasa asam ini juga ternyata baik bagi kesehatan tubuh. Tidak mengherankan kenapa pakar kesehatan dan ahli gizi menggunakan potongannya untuk berbagai macam olahan. Disinyalir strawberry bisa mencukupi hingga 50% kebutuhan vitamin C harian kita.

Alpukat

Selain buah strawberry, alpukat juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan buah yang identik dengan menu diet ini mengandung kalium, lemak sehat dan tinggi serat. Tentu hal ini membuat alpukat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kesehatan tubuh kita. Mengurangi resiko terpapar penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Bayam

Source: https://www.pexels.com/photo/bowl-of-spinach-2325843/

Sayuran ini juga memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Hal ini bisa membuat tubuh menjadi lebih kebal karena imunitas akan meningkat. Tidak hanya itu, bayam juga mengandung zat antioksidan, dimana fungsi utamanya adalah untuk mencegah dan membantu memperbaiki sel-sel yang rusak.

Buncis

Sayuran hijau lainnya yang tak kalah penting dan memiliki peran terhadap sistem imunitas adalah buncis. Protein dan vitamin membuat buncia mampu menyejmbangkan kinerja imun tubuh dan mengelola enzim dengan baik. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, sebaiknya memakan buncis dalam keadaan mentah atau tidak terlalu matang. Sebab, jika dimasak terlalu matang dan lembek akan mengurangi kandungan vitamin dan proteinnya.

Biji Bunga Matahari

Pernah memakan olahan biji bunga matahari alias kuaci? Ternyata cemilan yang disukai rata-rata orang indonesia ini memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E tinggi. Bahkan, kandungan vitamin E yang dimilikinya setara dengan 40% kebutuhan vitamin E harian tubuh kita. Jadi, tidak perlu khawatir akan serangan virus jika kekebalan tubuh meningkat, bukan?

Asparagus

Di Indonesia sendiri mungkin nama sayuran yang satu ini masih cukup asing di telinga. Padahal, sejumlah penelitian kesehatan menyatakan kandungan asparagus sangat baik sistem imunitas tubuh. Hal ini identik pada kandungan vitamin K nya yang tinggi. Tidak hanya itu, asparagus juga memiliki kandungan karbohidrat rendah. Hingga, kerap dijadikan olahan untuk diet.

Bawang Putih

Bumbu dapur ini memiliki segudang manfaat. Mulai dari kemampuannya untuk menyembuhkan serangan bakteri sehingga meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, jangan heran jika kita selalu menemukan campuran bawang putih di setiap makanan sehat.

Mentimun

Source: https://www.pexels.com/photo/3-zuchini-brown-wooden-surface-128420/

Selain kandungan air, mentimun juga dikenal penghasil vitamin K untuk kekebalan tubuh kita. Untuk itu, dianjurkan agar kita bisa memakan mentimun sebagai pengganti cemilan sehat.

Jeruk

Bukan rahasia lagi jika buah ini mengandung vitamin C. Dimana kita ketahui vitamin C sangat baik untuk kekebalan dan sistem imunitas tubuh. Jika kekurangan maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit.

Salmon

Ikan yang dikenal akan kandungan omega 3 yang tinggi untuk memaksimalkan kemampuan otak ini ternyata juga merupakan bahan makanan sehat perangi pandemi. Bagaimana tidak, selain kaya omega 3, salmo juga ternyata memiliki kandungan vitamin K yang tinggi.

Baca juga: 9 Makanan Kesehatan Jantung Yang Super Ampuh

Nah, demikianlah daftar bahan makanan sehat untuk mencegah penularan covid-19. Selama pikiran dan tubuh kita sehat, maka virus dan penyebab penyakit berbahaya lainnya tidak bisa menyerang tubuh kita tersebut.

Check Also

9 Makanan Kesehatan Jantung Yang Super Ampuh

Harus anda sadari, bahwa jantung merupakan salah satu organ tubuh vital namun sering diserang berbagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *