Tips Gaya Hidup Sehat Bagi Pejuang Kanker

Gaya Hidup Sehat

Seperti yang kita ketahui, sehat itu mahal harganya. Bahkan, tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang, tenaga dan waktu untuk mendapatkan kesehatan idaman semua orang. Sayangnya, tidak semua orang beruntung memiliki tubuh yang sehat. Salah satu masalah yang umum terjadi adalah kanker.

Kanker ini sendiri ada banyak jenisnya. Bahkan, penyebabnya bisa dari kebiasaan buruk kita hingga masalah genetik yang tidak bisa kita hindari. Namun, adakah cara mengatasi dan mencegahnya? Tentu saja ada. Seperti beberapa gaya hidup sehat di bawah ini.

Gaya Hidup Sehat Pencegah Kanker

Untuk mencegah tubuh terkena serangan kanker, berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan, yaitu:

1. Pantau Berat Badan

Siapa sangka jika kita memiliki berat badan yang berlebih bisa menjadi pemicu timbulnya beberapa jenis kanker. Kanker yang secara langsung memiliki hubungan dengan berat badan seperti kanker kolorektal, payudara maupun kanker ginjal. Jadi, dengan menerapkan gaya hidup sehat, setidaknya kita bisa mencegah beberapa jenis kanker tersebut agar tidak menyerang tubuh kita.

Baca juga: Ingin Tetap Fit Saat Masa Pandemi? Berikut 13 Makanan Sehat Wajib Konsumsi

Ketahui seberapa banyak kalori harian yang kita butuhkan. Maka usahakan tidak mengkonsumsi melebihi batas maksimal kalori harian yang dibutuhkan tubuh. Jika tidak kelebihan asupan kalori ini akan menumpuk dan menyebabkan obesitas alias kegemukan.

2. Cukup Tidur

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan serta menyehatkan. Bagaimana tidak, tubuh kita terdiri dari organ-organ dan sel-sel penting yang sejatinya butuh istirahat serta perbaikan. Selama kita beristirahat atau tidur, maka otak akan memposisikan tubuh dalam keadaan rileks. Ini akan memberikan dampak positif bagi banyak organ-organ penting.

Bahkan, jika kita tidur dalam waktu cukup setiap hari akan memudahkan perbaikan sel-sel tubuh yang sudah rusak. Sehingga, tubuh akan lebih siaga serta mampu mengatasi serangan sel-sel kanker tersebut nantinya.

3. Olahraga

Source: https://www.pexels.com/photo/man-working-out-2294361/

Kita pasti sudah tahu bahwasanya olahraga termasuk salah satu panduan gaya hidup sehat yanv harus dijalani. Dengan rutin berolahraga misalnya 1-3 kali dalam seminggu bisa membuat badan lebih bugar, menjaga berat badan ideal hingga mengurangi resiko terkena kanker. Untuk lebih mudahnya, lakukan saja olahraga ringan seperti berjalan kaki, lari maupun renang.

4. Vaksinasi

Tahukah kita tentang perlunya vaksin yang diberikan semenjak bayi? Kita pasti sudah mendengar tentang pemberian vaksin, bukan? Bahkan, beberapa jenis vaksin sudah diberikan sedini mungkin setelah bayi lahir. Hal ini memiliki tujuan penting.

Baca juga: 9 Makanan Kesehatan Jantung Yang Super Ampuh

Salah satunya adalah pencegahan kanker untuk berkembang di dalam tubuh kita. Misalnya saja pencegahan kanker hati dengan pemberian vaksin hepatitis. Dengan vaksin, maka pertahanan tubuh mudah mengenali dan mengatasi sel-sel ganas asing tersebut nantinya.

5. Makanan Sehat

Hal penting lainnya yang bisa mencegah timbulnya kanker adalah mengkonsumsi makanan sehat. Dimana tubuh kita nantinya akan mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan. Sehingga, tidak ada lagi masalah kekurangan nutrisi berdampak terhadap lemahnya imunitas dan serangan sel kanker.

6. Hindari Kebiasaan Buruk

Source: https://www.pexels.com/photo/cigar-cigarette-smoke-macro-70088/

Kebiasaan-kebiasaan buruk memang secara tidak langsung menyebabkan masalah atau gangguan kesehatan. Misalnya saja ketika kita rutin mengkonsumsi soda dan makanan instan atau cepat saji. Hal ini akan meningkatkan resiko terjadinya kanker usus dan bahkan berujung kepada kematian. Begitu juga dengan para perokok. Tidak hanya perokok saja yang mendapatkan resikonya, bahkan para perokok pasif juga. Rokok ini akan meningkatkan resiko kanker mulut, paru-paru maupun tenggorokan.

7. Batasi Paparan Sinar Matahari

Kita memang sering menggunakan paparan sinar matahari untuk mendapatkan asupan vitamin D yang baik bagi perkembangan dan pertumbuhan tulang. Namun, hal ini hanya disarankan pada jam-jam tertentu saja. Bahkan jika kita terpapar sinar matahari terlalu lama tanpa adanya perlindungan akan meningkatkan resiko terkena kanker kulit, loh!

Gaya Hidup Sehat Bagi Penderita Kanker

Tidak jauh berbeda dengan gaya hidup sehat untuk pencegahan, bagi para penderita juga dianjurkan beberapa tips, yaitu:

1. Makanan dan Diet

Ada penjelasan untuk menghindari atau bahkan memperbanyak mengkonsumsi makanan tertentu ketika kita divonis terserang kanker. Hal ini nantinya berhubungan dengan diet penderita kanker. Terutama bagi yang mengalami mula, diare atau muntah. Tentu saja dibutuhkan beragam asupan energi agar meningkatkan sistem imunitas tubuh.

2. Kenali Pantangan dan Anjuran

Ketika kita mengidap penyakit berbahaya yakni kanker, pastinya kita tidak lagi leluasa dalam banyak hal. Jadi, kenali beberapa hal umum seperti :

  • Makanlah dalam porsi yang sedikit namun dalam waktu singkat dan sering. Ini tidak akan memberatkan kerja lambung dan meminimalisir masalah kesehatan lainnya.
  • Cuci bersih terlebih dahulu bahan makanan yang akan diolah ataupun makanan yang akan dikonsumsi secara langsung.
  • Cukupi kebutuhan nutrisi sebisa mungkin. Jika kesulitan memenuhinya maka akan dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin atau suplemen.

3. Kebutuhan Cairan dan Istirahat

Ada banyak alasan mengapa kita yang terkena kanker harus memenuhi kebutuhan cairan harian. Seperti untuk menyampaikan nutrisi ke seluruh tubuh, mengatasi dehidrasi, diare hingga membantu perbaikan sel rusak. Hal ini juga berhubungan dengan istirahat secara teratur dan menjadi penambah daya tahan tubuh.

Demikianlah gaya hidup sehat bagi kita yang sedang berjuang melawan kanker atau pencegahan yang berharga. Semoga informasi ini bermanfaat.

Check Also

9 Makanan Kesehatan Jantung Yang Super Ampuh

Harus anda sadari, bahwa jantung merupakan salah satu organ tubuh vital namun sering diserang berbagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *