Ads Left

Anjuran Pola Hidup Sehat Di Saat Banjir

Pola Hidup Sehat

Banjir bukan lagi hal yang aneh di negara kita. Sebab, kita hanya memiliki dua musim saja, yakni musim penghujan dan musim kemarau. Nah, ketika musim hujan melanda ada banyak potensi banjir yang bisa terjadi di berbagai belahan pulau di Indonesia. Namun, tahukah kita tentang berbagai penyakit yang mengintai saat banjir datang? Jika belum, maka simak anjuran pola hidup sehat disaat banjir yang bisa menjadi patokan kesehatan nantinya.

Alasan Menerapkan Pola Hidup Sehat Saat Banjir Melanda

Tentu bukan tanpa alasan mengapa kita harus menerapkan pola hidup sehat ketika banjir melanda. Sebab, ketika banjir datang, ada banyak genangan air kotor dimana-mana. Bahkan, tumpukan sampah yang banyak menjadi alasan utama banjir datang juga merupakan masalah yang tidak bisa diabaikan.

Baca juga: Sering Diabaikan, Inilah Manfaat Hidup Sehat Yang Mengejutkan

Kenapa? Genangan air kotor dan sampah yang bertebaran bisa menjadi sarang penyakit berbahaya yang menyerang kita. Misalnya saja diare, demam berdarah, atau beberapa penyakit lainnya. Nah, untuk itu, jangan lupa menerapkan pola hidup sehat saat banjir berikut ini:

1. Jaga Kebersihan Tubuh

Bukan hal yang aneh lagi ketika banjir melanda kita akan lebih sering dan menyukai bermain di genangan air tersebut. Bahkan, tanpa sengaja hal ini juga menjadi tradisi dimana banyak orang akan bersantai di genangan air banjir. Namun, kita tidak boleh mengabaikan beberapa masalah kesehatan menyerang dari air kotor tersebut.

Sehingga, sangat dihimbau untuk terus menjaga kebersihan tubuh secara rutin dan berkala. Apalagi, jika kita habis bermain genangan air kotor yang pastinya mengandung bakteri, virus dan mikroorganisme jahat. Apalagi, ketika anda menyentuh genangan air, harus lebih sering mencuci tangan dengan sabun.

2. Waspadai Gigitan Nyamuk

Source: https://www.pexels.com/photo/animal-antenna-biology-bite-169357/

Genangan air merupakan tempat perkembangbiakkan nyamuk. Nyamuk-nyamuk biasa saja sudah sangat mengganggu bukan? Apalagi jenis nyamuk yang bisa memberikan beragam penyakit serius seperti demam berdarah. Untuk itu, sebisa mungkin jangan lupa untuk menghilangkan genangan air di sekitar rumah jika bisa.

Atau, jika genangan air masih sangat tinggi dan tidak surut maka bisa diakali dengan penggunaan obat anti nyamuk. Atau bahkan, menggunakan kelambu khusus nyamuk yang bisa menangkal gigitan nyamuk berbahaya. Namun, jika anda mengalami gejala yang tidak menyenangkan. Misalnya saja demam naik turun, nyeri otot, hingga lesi kemerahan, maka jangan tunda untuk memeriksakan diri.

3. Waspadai Genangan Air

Nah, seperti yang kita bahas sebelumnya bahwasanya genangan air banjir bisa menjadi sarang penyakit yang berbahaya bagi kesehatan kita. Untuk itu sebisa mungkin jangan bermain di genangan banjir.

Atau, jika harus melewatinya jangan lupa untuk membersihkan diri setelah itu dan waspadai pakaian kotor yang menumpuk dan lembab akibat melintasi genangan tersebut. Jangan biarkan tumpukan kain kotor yang basah tersebut menjadi sarang nyamuk dan penyakit juga, ya!

4. Perhatikan Asupan Makanan

Source: https://www.pexels.com/photo/cook-cooking-cuisine-delicious-357737/

Tidak hanya ketika terserang penyakit saja, ketika musim hujan pun kita harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, kenapa? Sebab, beberapa bahan makanan mungkin saja terkontaminasi air banjir yang kotor. Bahkan, maraknya hama berkeliaran seperti tikus juga akan menyebabkan sterilisasi makanan menjadi buruk.

Dimana kita ketahui makanan yang terkontaminasi tikus akan memicu penyakit tipes. Untuk itu usahakan menyimpan bahan makanan dengan baik dan pastikan kebersihannya.

Untuk hasil yang optimal lebih disarankan memasak sendiri daripada membeli makanan. Jika kita mencurigai makanan tersebut sudah tidak layak dikonsumsi maka buanglah pada tempatnya.

5. Pastikan Tidak Ada Luka

Ketika harus melewati genangan banjir, pastikan untuk tidak memiliki luka yang masih terbuka. Sebab, jika memiliki luka yang masih basah atau terbuka bisa menjadi jalan masuk bakteri, mikroorganisme dan virus berbahaya kedalam tubuh. Apalagi jika genangan air tersebut memasuki rumah, mak harus benar-benar memastikan luka yang kita miliki tidak terinfeksi nantinya.

6. Pemakaian Alat Pelindung

Walaupun banjir sudah mereda dan genangan air banjir sudah surut, pastinya kita butuh persiapan untuk membersihkan oembali rumah kita. Hanya saja untuk lebih terjaga keamanannya, jangan lupa menggunakan alat-alat pelindung banjir.

Misalnya saja menggunakan sarung tangan plastik, sepatu boot dan kacamata atau pelindung wajah. Sebab, kita tidak pernah tahu apa saja yang terbawa oleh genangan banjir tersebut. Terlepas dari berbagai bibit penyakit yang pasti bisa menyerang siapa saja, kita bisa saja menemui berbagai sampah berbahaya seperti pecahan kaca.

Untuk itulah kita harus memproteksi diri agar tidak mengalami banyak hal buruk di musim penghujan dan banjir ini. Jangan lupa untuk tetap mencuci tangan, membersihkan alat-alat yang digunakan serta mandi dengan sabun agar bersih.

Baca juga: Ingin Tetap Fit Saat Masa Pandemi? Berikut 13 Makanan Sehat Wajib Konsumsi

Ketika kita sudah menerapkan pola hidup sehat saat banjir melanda ini, maka bukan tak mungkin jika kesehatan akan selalu terlindungi. Bukankah langkah-langkah perlindungan diri diatas tidak memberatkan? Nah, mari kita perangi penyakit di musim penghujan, ya!

Check Also

Ingin Tetap Fit Saat Masa Pandemi? Berikut 13 Makanan Sehat Wajib Konsumsi

Virus covid-19 telah menyerang hampir keseluruhan belahan dunia termasuk di Indonesia. Kasus positif covid-19 sendiri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Left