9 Makanan Kesehatan Jantung Yang Super Ampuh

Makanan Kesehatan Jantung Yang Super Ampuh

Harus anda sadari, bahwa jantung merupakan salah satu organ tubuh vital namun sering diserang berbagai masalah penyakit. Nah, jika jantung anda mulai bermasalah, maka pemompaan darah ke seluruh tubuh akan terganggu.

Jika hal ini terjadi bisa menyebabkan berbagai keluhan seperti kematian jaringan. Agar jantung anda tetap sehat dan bekerja secara baik, tidak ada salahnya mengetahui 9 makanan kesehatan jantung di bawah ini.

1. Yogurt

Pernahkah anda mengonsumsi makanan olahan susu yang satu ini? Ternyata, selain baik untuk pencernaan manusia, yogurt terbukti baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Namun, anda harus pintar memilih yogurt, ya! Pilihlah yang memiliki kandungan lemak rendah serta hindari produk dengan kadar gula tinggi. Jadi, usahakan mengkonsumsi plain yogurt atau jenis yang original tanpa perasa apapun.

2. Tahu

Source: https://www.pexels.com/photo/photo-of-tofu-on-white-ceramic-plate-near-soybeans-4518583/

Kali ini anda juga akan dikejutkan dengan keunggulan makanan olahan. Ya, tahu memang olahan dari kacang kedelai. Selain nikmat, tahu dikenal dengan kandungan saponin. Zat ini terbukti bisa menjaga kesehatan jantung secara mendalam. Bahkan, anda bisa memaksimalkan perawatan kesehatan jantung dengan rutin konsumsi beberapa olahan tahu tersebut.

3. Ikan Salmon

Bukan rahasia lagi jika ikan salmon banyak diburu dan memiliki kisaran harga jual tinggi. Sebab, ada banyak manfaat yang didapat dari salah satu makanan kesehatan ini. Salmon memiliki kandungan lemak baik cukup tinggi.

Salmon juga dikenal dengan kandungan senyawa asam omega 3. Dimana ini tidak hanya baik untuk perkembangan otak, namun juga menurunkan kadar lemak jahat.

Trigliserida alias lemak jahat menumpuk di pembuluh darah akan menyebabkan penyakit jantung. Untuk itu, sangat diperlukan pencegahan agar tidak menderita penyakit-penyakit berbahaya seperti stroke, gagal jantung dan pembuluh darah yang tersumbat.

4. Sayuran

Source: https://www.pexels.com/photo/assorted-vegetable-lot-1300972/

Anda seharusnya tahu akan khasiat sayur-sayuran. Walaupun terkadang banyak orang yang menolak untuk mengkonsumsinya dengan berbagai alasan, tetap saja manfaatnya berlimpah. Apalagi untuk menjaga kesehatan jantung.

Namun, sayuran apa saja yang dianjurkan? Ada banyak, loh! Seperti kelompok sayuran hijau yakni brokoli, bayam, buncis dan yang lainnya sangat baik bagi kesehatan jantung anda.

Sebab, sayuran hijau mengandung kalium dan asam folat untuk menjaga kinerja jantung tersebut. Tidak hanya itu, kandungan serat dan lemak baiknya bisa menurunkan resiko gagal jantung.

Baca juga: 9 Langkah Jitu Cara Hidup Sehat Saat New Normal

5. Minyak Zaitun

Pernahkah anda mengetahui mengapa pakar-pakar kesehatan menganjurkan menggunakan minyak zaitun dalam keseharian kita? Jika belum, anda harus tahu alasan dibalik rekomendasi tersebut. Ternyata, minyak zaitun apalagi yang murni tanpa campuran apapun kaya akan nutrisi baik bagi tubuh.

Kandungan lutein, omega 9, flavonoid, saponin dan tanin akan menjaga kinerja jantung. Bahkan, dengan rutin mengkonsumsi minyak ini akan menaikkan kadar lemak baik serta menurunkan kadar lemak jahat di dalam tubuh.

6. Jeruk

Source: https://www.pexels.com/photo/orange-fruit-on-tree-3804878/

Anda mungkin tidak pernah menyangka salah satu buah yang menjadi cemilan favorit ini juga baik bagi kesehatan jantung. Jeruk dikategorikan sebagai salah satu makanan kesehatan jantung dikarenakan kandungan vitamin C yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya.

Anda harus tahu vitamin C ini tidak hanya untuk imunitas saja, tapi baik untuk membantu regenerasi sel-sel tubuh. Sehingga, bisa menjaga performa jantung yang baik.

7. Teh Hijau

Rasa teh ini memang pahit dan disajikan lebih baik tanpa gul agar manfaatnya bisa anda dapatkan. Terlepas dari rasanya yang kurang enak, teh hijau menjadi salah satu jamuan rutin di negara tetangga yakni Jepang. Sebab, teh hijau terbukti ampuh membantu membakar lemak-lemak jahat dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Teh ini sangat baik untuk menjaga berat badan ideal agar jantung tidak berlebihan memompa darah keseluruh tubuh.

8. Blueberry

Source: https://www.pexels.com/photo/blueberries-670685/

Selain jeruk, anda juga bisa mengkonsumsi blueberry agar bisa menurunkan kadar kolesterol tubuh. Anda pasti tahu bahaya kolesterol, bukan? Kolesterol ini sangat jahat dan merupakan salah satu musuh utama jantung.

Jadi dengan kandungan vitamin B6 dan asam folat di dalam buah biru yang memiliki citra rasa asam ini mampu kalahkan kolesterol jahat. Nah, jika kadarnya sudah menurun, maka jantung bisa bekerja dengan baik serta terhindar dari serangan penyakit.

9. Tomat

Tomat juga merupakan salah satu penghasil kalium yang penting bagi jantung. Berbagai jenis penyakit jantung bisa dihindari jika anda memberikan asupan kalium harian yang cukup bagi tubuh.

Kalium ini memiliki peran dalam mengatasi dan menurunkan kadar kolesterol tubuh. Sehingga, anda bisa terbebas dari resiko penyakit jantung yang umum menyerang.

Demikianlah pilihan 9 makanan kesehatan jantung yang mudah ditemukan dan sering digunakan.

Bahkan, beberapa pilihan makanan di atas merupakan buah-buahan yang sering menjadi cemilan kita sehari-hari. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi secara langsung atau mengolahnya menjadi makanan yang lebih enak. Bagaimana? Untuk mendapatkan jantung yang sehat anda tidak perlu kesulitan lagi, bukan?

Check Also

Ingin Tetap Fit Saat Masa Pandemi? Berikut 13 Makanan Sehat Wajib Konsumsi

Virus covid-19 telah menyerang hampir keseluruhan belahan dunia termasuk di Indonesia. Kasus positif covid-19 sendiri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *