Ads Left

9 Langkah Jitu Cara Hidup Sehat Saat New Normal

Cara Hidup Sehat

Tahukah anda tentang istilah “new normal”? Seharusnya anda sudah mengetahuinya, bukan? Sebab, ini adalah istilah yang diperkenalkan oleh pemerintah agar kita bisa hidup “Berdampingan” dengan virus covid-19. Sebelumnya, pemerintah menghimbau dan menyuruh masyarakat agar tetap dirumah, hindari keramaian, mengikuti protokol kesehatan bahkan kegiatan work from home. Sayangnya, ada berbagai kendala dari dampak “dirumah aja” tersebut.

Banyak usaha yang gulung tikar, pemecatan karyawan secara sepihak karena bisnis mengalami penurunan hingga kemerosotan perekonomian negara. Untuk itu, pemerintah akhirnya sepakat memulihkan kembali keadaan dengan adanya new normal ini. Tapi, apakah kita harus benar-benar lalai dan tidak lagi memproteksi diri? Tentu saja tidak. Sebab, virus tersebut masih ditengah-tengah kita. Jadi, agar bisa hadapi new normal berikut panduan cara hidup sehat yang tidak boleh diabaikan.

Gunakan Masker

Jangan lupa bahwasanya virus tersebut bisa menyerang anda dari mana saja. Sebab, tidak semua pasien terinfeksi menimbulkan gejala. Beberapa orang yang tertular bahkan tidak menunjukkan gejala apapun. Hingga mereka dengan leluasa menyebarkan virus tersebut kepada orang lain. Untuk itu, harap anda selalu ingat untuk proteksi diri sendiri dengan penerapan protokol kesehatan. Salah satu anjuran WHO adalah penggunaan masker ini. Disinyalir penggunaan masker secara rutin bisa menghambat penularan covid-19.

Metode pembayaran

Walaupun anda sudah bisa bergerak dan melakukan aktifitas seperti biasa, tetap saja ada protokol kesehatan yang harus ditaati. Seperti ketika berbelanja dan hendak membeli apapun. Dimana biasanya kita akan menggunakan metode pembayaran tunai, maka sekarang lebih dianjurkan pembayaran cashless. Metode pembayaran ini merupakan jenis pembayaran yang non tunai atau menggunakan tabungan di ATM atau bahkan menggunakan kartu kredit. Karena, ini meminimalisir sentuhan dan kontak dengan benda yang mungkin menjadi wadah sementara virus tersebut.

Baca juga: Cek Skema dan Syarat Para Pekerja Penerima Bantuan Rp 600 Ribu

Handsanitizer

Walaupun pada kenyataannya handsanitizer tidak langsung bekerja sebagai pembersihan virus yang tersebar sekarang ini. Namun, setidaknya penggunaan hand sanitizer mampu membersihkan kembali tangan dan benda-benda yang akan anda sentuh nantinya. Sehingga, penggunaanya sangat dibutuhkan sehari-hari. Apalagi jika anda harus berpergian dan menyentuh banyak hal. Usahakan untuk mengantongi handsanitizer ini.

Hindari Kerumunan

Cara hidup sehat new normal lainnya adalah untuk tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Seperti yang kita bahas pada poin sebelumnya. Yang sedang kita lawan merupakan virus, dimana ukurannya sangat kecil dan tidak mungkin dilihat dengan mata telanjang. Oleh karena itu, mencegah akan sangat dianjurkan agar anda tidak terinfeksi maupun menjadi pembawa virus. Salah satu tempat yang menjadi gudang penyebaran virus adalah kerumunan. Baik dipasar, di tempat tongkrongan maupun diacara-acara pernikahan. Sebisa mungkin jangan terlalu bergerombol satu sama lain.

Tidur Cukup

Bukan tanpa alasan mengapa anda dituntut untuk mendapatkan tidur berkualitas dengan jam yang cukup. Sebab, kurang tidur bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan. Bahkan, jika anda mempertahankan jam tidur dari 6 hingga 8 jam setiap malam, maka tubuh akan lebih bugar dan sehat. Jika tidak, maka akan banyak gangguan mulai dari kelelahan hingga mudahnya terpapar virus tersebut.

Desinfektan

Tidak ada salahnya memberikan perlindungan ekstra di masa pandemi ini. Selama pandemi masih berlangsung walaupun anda sudah bisa beraktifitas, tetap saja melakukan desinfektan ke barang-barang harian sangat diperlukan. Apalagi jika anda dituntut untuk selalu bepergian keluar rumah dalam waktu yang lama.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Jangan lupa bahwasanya tubuh kita terdiri dari 70% cairan. Dan, penelitian kesehatan menyatakan hubungan minum air putih dengan potensi penukaran virus. Dimana orang yang meminum air dalam jumlah yang dibutuhkan (minimal 8 gelas) per hari menurunkan resiko penularan. Tenggorokan yang kering dalam waktu lama dinyatakan lebih mudah tertular virus berbahaya tersebut.

Baca juga: 7 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Makanan Bergizi

Walaupun makanan cepat saji menggiurkan dan lezat, tapi pastikan tubuh anda mendapatkan asupan makanan yang bergizi. Berbagai nutrisi yang anda dapatkan dari makanan sehat sehari-hari mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga, anda akan lebih kebal terhadap paparan penyakit. Ketahuilah virus ini bisa disembuhkan sendiri oleh tubuh kita jika tidak mengalami komplikasi penyakit dan kekebalan yang terjaga. Pandailah dalam mengolah sumber makanan sehat untuk bisa dinikmati selama pandemi covid-19 masih menghantui negara kita.

Multivitamin

Memang, tidak semua orang menyukai ide untuk mengkonsumsi multivitamin atau suplemen kesehatan secara rutin. Selain lebih “ribet” tentu saja anda harus merogoh kocek lebih dalam. Namun, mengingat pentingnya menjaga kesehatan dan imunitas membuat anda perlu mempertimbangkan konsumsi suplemen atau multivitamin tersebut. Sebab, tidak semua makanan yang anda makan bisa langsung diserap nutrisinya. Bahkan terlalu lama memasak juga menyebabkan kadar nutrisi menjadi hilang. Untuk itu, hadirnya multivitamin ini menjadi alternatif agar imunitas anda tetap terjaga.

Penerapan cara hidup sehat new normal ini akan membantu anda untuk tetap bugar meski wabah ini masih berlangsung. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber gambar: https://www.pexels.com/photo/face-masks-on-white-background-3873177/

Check Also

Tips Gaya Hidup Sehat Bagi Pejuang Kanker

Seperti yang kita ketahui, sehat itu mahal harganya. Bahkan, tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Left