Ads Left

Ini Dia 5 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Wajib Diketahui

Investasi Jangka Panjang

Pada dasarnya semua orang pasti inginkan hari tua yang bahagia dengan limpahan harta yang tidak ada habisnya, sehingga tidak perlu kerja keras di hari tuanya. Salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan hari tua yaitu dengan mengumpulkan dana pensiun secara investasi. Dengan melakukan investasi sejak dini, maka masa tua anda terjamin dengan sangat baik.

Investasi jangka panjang menjadi salah satu cara investasi yang memberikan keuntungan besar dan kategori investasi jangka panjang biasanya dilakukan dalam waktu 5 tahun ke atas. Aman finansial memang menjadi hal yang harus disusun sejak muda, agar masa tua menjadi lebih tertata dan tidak akan kekurangan uang saat menyongsong masa tua. Ada berbagai jenis investasi jangka panjang yang bisa dijalankan sejak dini.

Jenis Investasi Jangka Panjang

1. Investasi Emas

Emas merupakan barang berharga yang sangat familiar di masyarakat dan memiliki emas menjadi salah satu cara investasi yang sangat aman, karena harga emas sangatlah stabil. Emas menjadi jenis investasi jangka panjang yang tidak terpengaruh oleh inflasi, sehingga investasi emas sangat aman dijalankan oleh para pemula.

Baca juga: Kenali 5 Tips Jitu Investasi Emas Batangan Sebelum Memulai

Cara investasi emas sangatlah mudah yaitu dengan membeli emas di berbagai toko yang terpercaya dan salah satunya adalah di Pegadaian. Ketika anda memiliki emas, sebaiknya simpanlah emas di tempat yang aman dan jangan suka pamerkan emas dihadapan banyak orang, karena berisiko munculkan tindak kejahatan. Dengan menyimpan emas dalam waktu yang lama, maka keuntungan dari investasi akan berlipat ganda.

2. Investasi Saham Bluechip

Ketika anda melakukan investasi dalam sebuah saham dalam jumlah yang besar atau kecil, maka anda memiliki hak kepemilikan akan perusahaan. Hak kepemilikan suatu perusahaan akan terlihat dari adanya bukti kepemilikan yang sah. Investasi saham menjadi salah satu investasi jangka panjang yang sudah populer sejak lama.

Dengan memiliki kepemilikan akan suatu saham, maka anda akan mendapatkan pembagian laba yang biasanya dibagikan pihak perusahaan setiap tahun. Semakin besar investasi yang anda lakukan, maka laba yang diperoleh akan semakin banyak. Investasi saham memang memiliki resiko yang lumayan tinggi, apalagi saat investasi yang dilakukan dalam jumlah yang besar.

Baca juga: Keuntungan dan Resiko Investasi Saham yang Wajib Ketahui

Untuk para pemula yang baru mau terjun ke pasar saham, maka anda disarankan untuk memilih saham bluechip. Secara umum saham bluechip adalah berbagai saham unggulan yang memiliki kestabilan yang baik dan saham bluechip biasanya mempunyai tingkat likuiditas yang lumayan tinggi di pasar saham. Saham bluechip biasanya terdiri dari berbagai perusahaan yang memiliki pendapatan stabil, sehingga resiko kerugiannya sangat kecil.

3. Investasi Properti

Properti memang sudah lama menjadi salah satu intrumen investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Pelaku investasi properti di Indonesia sangatlah besar, namun jenis investasi ini tidak pernah ada matinya dan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Investasi properti juga bisa dijalankan dengan modal yang minim.

Tanah menjadi salah satu intrumen penting yang harganya akan terus naik setiap tahunnya dan memiliki tanah akan menghasilkan keuntungan yang besar di masa depan. Harga rumah atau tanah tidak akan mengalami penurunan, apabila tidak terjadi suatu bencana di wilayahnya. Semakin lama tanah dibiarkan, maka harganya akan semakin melambung tinggi.

Pada dasarnya kenaikan investasi properti sekitar 20% setiap tahunnya dan jarang sekali nilai properti menurun. Bagi para pemula yang ingin terjun ke bisnis properti, sebaiknya pilih dulu properti yang berada di pinggiran kota dan pilihlah properti yang harganya murah, karena beberapa tahun kedepan harganya pasti akan meningkat.

4. Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka menjadi salah satu intrumen investasi jangka panjang yang kurang begitu populer di masyarakat, karena popularitasnya kalah dibandingkan tabungan biasa ataupun deposito. Secara umum tabungan berjangka bisa menawarkan keuntungan yang sangat besar, karena nasabah dipaksa menabung rutin dalam jangka waktu tertentu.

Tabungan berjangka memang memberikan jumlah bunga yang tinggi, jika dibandingkan dengan jenis tabungan biasa. Dengan tabungan berjangka, maka uang tabungan anda akan cepat terkumpul dan anda tidak bisa mencairkan waktu kapan saja, karena pencairan sesuai waktu yang telah disepakati. Dengan memaksakan untuk selalu menabung, maka jumlah kekayaan anda di masa depan akan semakin besar.

5. Reksa Dana Saham

Reksa Dana Saham merupakan salah satu intrumen investasi jangka panjang yang mulai populer di jaman sekarang dan investasi ini bisa dijalankan sesuai dengan tujuan finansial anda. Jenis reksa dana saham menjadi investasi yang sangat cocok untuk dijalankan, karena menawarkan jumlahkeuntungan yang lumayan tinggi dan keuntungan bisa berlangsung dengan stabil.

Secara umum sistem kerja reksa dana saham sama seperti investasi saham biasa, namun dalam reksa dana saham anda akan dibantu oleh seorang manajer investasi dalam pemilihan produk saham. Investasi ini sangat aman dijalankan oleh para pemula, karena kerjanya dibantu manajer investasi dan para pemula tidak perlu pusing mengetahui pilihan saham terbaik, karena semuanya akan direkomendasikan oleh manajer investasi.

Demikian ulasan lengkap mengenai jenis investasi jangka panjang dan semoga semua bahasan dalam artikel bermanfaat untuk para pembaca.

Check Also

Mengenal Kelebihan Menabung Emas di Pegadaian

Investasi emas merupakan salah satu cara investasi yang sudah ada sejak lama dan investasi emas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Left