Cek Skema dan Syarat Para Pekerja Penerima Bantuan Rp 600 Ribu

Teller Bank Menghitung Uang

Masa pandemi merupakan kondisi yang menyulitkan banyak orang, karena perekonomian mengalami penurunan yang sangat drastis. Banyak masyarakat pekerja yang mengalami pengurangan penghasilan, bahkan banyak yang dipecat dari pekerjaannya. Menghadapi kondisi corona yang meraja rela, maka dibutuhkan peran serta pemerintah untuk mengatasi semua masalahnya.

Upaya untuk mengatasi ketimpangan perekonomian memang terus dilakukan pemerintah dan salah satunya dengan kebijakan memberikan bantuan uang tunai untuk pekerja yang penghasilannya di bawah Rp 600 ribu. Kebijakan ini direspon pro kontra oleh masyarakat, karena banyak yang menilai kurang efektif untuk dilakukan dan tidak akan semua lapisan masyarakat yang mendapatkannya.

Sekilas Tentang Bantuan Rp 600 Ribu dari Pemerintah

Ida Fauziyah yang menjabat sebagai Menteri Ketenagakerjaan menjelaskan bahwa para pekerja yang mendapatkan bantuan uang tunai harus terdaftar sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan dan yang tidak terdaftar tidak akan mendapatkan bantuan, meskipun penghasilannya dibawah 5 juta per bulan. Bantuan ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi untuk para pekerja yang telah menggunakan layanan BPJS ketenagakerjaan.

Ida Fauziah berharap, para pekerja semakin merasakan peran penting dari adanya bpjs ketenagakerjaan. Dengan bantuan ini, peranan penting pemerintah terlihat jelas dalam melakukan pemerataan ekonomi di seluruh lapisan masyarakat. Persyaratan yang diterapkan untuk menerima bantuan ini, akan memicu banyaknya pekerja yang mendaftar BPJS ketenagakerjaan.

Pemerintah juga telah mengeluarkan berbagai kebijakan lain untuk masyarakat yang tidak terdaftar di BPJS ketenagakerjaan dan pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan untuk para pekerja yang mengalami PHK akibat korona. Semua kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dilakukan untuk kepentingan masyarakat dan menstabilkan kehidupan sosial di masyarakat.

Erick Thohir sebagai Menteri BUMN juga menjelaskan bahwa bantuan Rp 600 ribu akan dilakukan selama 4 bulan dan akan diberikan setiap 2 bulan sekali ke rekening para karyawan, sehingga tidak akan memunculkan penyalahgunaan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Bantuan ini akan secepatnya di proses, agar stabilitas ekonomi masyarakat terjaga dengan baik.

Manfaat Bantuan Rp 600 Ribu dari Pemerintah

Pemerintah mengeluarkan kebijakan yang menguntungkan banyak pekerja dengan berbagai tujuan, namun semuanya untuk kepentingan masyarakat Indonesia. Menurunnya daya beli masyarakat Indonesia di masa pandemi korona membuat stabilitas ekonomi terganggu dan membuat banyak pengusaha gulung tikar. Jumlah pekerja yang dipecat dari pekerjaannya sangatlah besar.

Dengan meningkatnya jumlah penggangguran, tentu akan menghasilkan tingkat kemiskinan yang tinggi. Bantuan Rp 600 ribu untuk para pekerja dengan gaji di bawah 5 juta sangatlah membantu dalam hal stabilitas ekonomi masyarakat dan bantuan juga dapat meningkatkan kembali daya beli masyarakat. Pemerintah berharap para pekerja bisa merasakan bantuan secara langsung, sehingga pencairan uangnya di transfer ke rekening aktif.

Bantuan Rp 600 ribu dari pemerintah akan dilangsungkan selama 4 bulan dan pencairan uang akan dilakukan selama 2 bulan sekali. Pencairan akan lebih cepat, karena di transfer secara langsung dan tidak menggunakan peran serta berbagai pihak lain, hal ini untuk menghindarkan berbagai penyalahgunaan.

Syarat Para Pekerja Penerima Bantuan Rp 600 Ribu

  • Warga Negara Indonesia
    Warga negara Indonesia yang asli bisa dibuktikan dengan kepemilikan NIK atau nomor induk kependudukan. Program bantuan Rp 600.000 untuk para pekerja yang penghasilannya dibawah 5 juta sangatlah menguntungkan pekerja asli Indonesia. Bantuan ini tidak akan berlaku untuk para pekerja luar negeri yang ada di Indonesia dan tidak berlaku untuk para pekerja yang upahnya diatas 5 juta.
  • Peserta Aktif BPJS Ketenagakerjaan
    Badan penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS merupakan suatu badan hukum yang dimiliki Indonesia yang langsung dikelola oleh pemerintah dan BPJS langsung bertanggung jawab kepada presiden. BPJS ketenagakerjaan menjadi salah satu program besar yang masuk dalam kesatuan jaminan kesehatan nasional atau JKN.
    Setiap pekerja yang sudah terdaftar di BPJS ketenagakerjaan dan memiliki nomor peserta, akan mendapatkan bantuan uang tunai Rp 600.000 per bulan. Peserta harus sudah aktif sejak bulan juni 2020 dan selalu membayar iuran dengan baik.
  • Pekerja atau Buruh
    Para pekerja atau buruh melakukan aktivitas kerja setiap hari demi memenuhi kebutuhan hidupnya dan para pekerja akan memperoleh gaji atau upah sesuai dengan jenis pekerjaannya. Para pekerja yang memiliki gaji di bawah 5 juta akan mendapatkan bantuan uang tunai sebanyak Rp 600.000 selama 4 bulan dan bantuan uang tunai akan dibayarkan langsung ke rekening pekerja, sehingga tidak melalui perantara.
  • Memiliki Rekening Bank Aktif
    Pembayaran upah pekerja kebanyakan sudah memakai rekening bank seperti bank BRI, Mandiri, BCA, Mega, Danamon dan berbagai rekening bank lainnya. Para pekerja yang akan mendapatkan bantuan uang tunai harus memiliki rekening bank yang aktif.

Sekian ulasan lengkap mengenai syarat para pekerja penerima bantuan Rp 600 Ribu dan semoga semua bahasannya diatas dapat bermanfaat untuk para pekerja.

Check Also

Ini Dia 5 Jenis Investasi Jangka Panjang yang Wajib Diketahui

Pada dasarnya semua orang pasti inginkan hari tua yang bahagia dengan limpahan harta yang tidak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *