Ads Left

Berikut 4 Jenis Investasi Jangka Menengah yang Wajib Diketahui

Investasi Jangka Menengah

Investasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan laba yang besar dan kesadaran untuk berinvestasi sudah mulai dimiliki oleh kaum muda. Investasi yang dijalankan bisa yang jangka pendek, menengah atau jangka panjang. Setiap jenis investasi yang dipilih pasti memiliki kelebihannya masing-masing.

Investasi memang memiliki resiko, namun semua resikonya bisa diminimalisir dengan baik. Sebaiknya pilihlah investasi yang sesuai dengan kemampuan, agar resikonya tidak terlalu berat. Investasi jangka menengah menjadi intrumen investasi yang patut untuk dicoba, karena sudah banyak pilihan investasi jangka menengah yang bisa dicoba.

Jenis Investasi Jangka Menengah yang Wajib Diketahui

1. Obligasi Ritel Indonesia

Obligasi ritel Indonesia atau Ori merupakan obligasi milik negara republik Indonesia yang dijual untuk perseorangan. Ori hanya dijual untuk semua warga negara Indonesia melalui agen penjual dengan volume penjualan minimum yang sudah ditentukan. Pada dasarnya ori dikeluarkan untuk memperluas basis investor, kelola portofolio utang negara, biayai anggaran negara dan disversifikasi sumber pembiayaan.

Secara umum anda bisa membeli obligasi negara dengan minimum harga 1 juta. Pembelian bisa dilakukan di beberapa agen seperti perusahaan bursa efek dan bank umum. Produk investasi ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar dan pembayaran bunga bisa dilakukan dengan cara reguler. Keuntungan biasanya dihitung sesuai dengan presentase nilai nominal obligasi yang akan anda beli.

Tak hanya itu, anda juga bisa memperoleh keuntungan dari ORI yang terkenal dengan kupon dan keuntungan yang anda peroleh sudah dijamin secara pasti melalui undang-undang, sehingga jaminan keamanan sangatlah baik. Ori sangat aman untuk para pemula, karena jaminan keamanan sangat terjaga dan resiko investasi Ori tidak terlalu besar.

2. Sukuk Ritel

Sukuk ritel atau sukri merupakan suatu surat berharga yang sengaja diterbitkan pemerintah untuk membiayai berbagai proyek pembangunan negara dan sukri dijalankan secara syariah. Sukri dijalankan langsung oleh negara dengan regulas di yang datur oleh kementrian keuangan. Sukri bisa dimiliki oleh perseorangan, sehingga sukri masuk dalam inventasi jangka menengah yang sangat aman.

Pada dasarnya kepemilikan sukri sangatlah menguntungkan buat negara atau investor perseorangan. Kelebihan kepemilikan sukri seperti pengembalian investasi sebesar 100% yang dijamin langsung oleh negara, sistem investasi dijalankan secara syariah dan keuntungan yang besar untuk para investor dengan perhitungan yang efektif.

Sukri dijual dan diterbitkan secara resmi oleh pemerintah, sehingga keamanannya sangatlah terjamin dan investasi ini sangatlah syariah, sehingga dinyatakan halal. Sukri menjadi produk investasi yang bisa dibeli dengan minimal 5 juta dan semakin besar investasi yang anda tanamkan, maka keuntungan akan semakin besar.

Secara umum anda juga bisa mendapatkan keuntungan tetap setiap bulannya dari fixed coupon dan para investor juga bisa mendapat keuntungan dari capital gain.

3. Emas

Emas menjadi barang berharga yang sangat dikenal masyarakat Indonesia. Emas tidak hanya sebagai perhiasan yang memperindah tubuh seseorang, namun emas bisa dimiliki untuk kegiatan investasi yang aman. Emas tidak akan mengenal kata inflasi, karena harga emas cenderung naik setiap tahunnya dan Anda dapat melihat grafik kenaikan emas di website berikut ini. Emas juga bisa dipakai untuk investasi jangka menengah yang sangat menguntungkan.

Emas menjadi barang yang mudah ditemukan, karena banyak penjual di berbagai pasar tradisional atau di mall. Untuk lebih aman, maka anda bisa mendapatkan emas di pegadaian. Dengan membeli emas di pegadaian, maka anda akan mendapat jaminan emas 24 karat. Anda tidak perlu takut terkena penipuan emas, karena semua emas pegadaian sudah pasti asli.

Baca juga: Kenali 5 Tips Jitu Investasi Emas Batangan Sebelum Memulai

Secara umum harga emas memang berkaitan dengan berbagai kurs mata uang seperti euro, yuan dan dollar. Pelaku investasi emas di Indonesia sangatlah tinggi dan berasal dari berbagai kalangan. Meskipun krisis ekonomi melanda, akan emas dinyatakan selalu stabil dan akan cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya.

4. Reksa Dana Campuran

Reksa dana campuran merupakan gabungan dari deposito, obligasi dan saham. Secara umum reksa dana campuran harus terdiri dari investasi saham dengan investasi obligasinya. Reksa dana campuran menjadi salah satu investasi yang memiliki resiko rendah, jika dibandingkan dengan investasi jangka panjang dan investasi ini sangat rekomended dijalankan oleh para pemula.

Reksa dana campuran harus dijalankan dengan penempatan investasi yang sesuai rencana, jadi investasi ini harus dilakukan disiplin. Reksa dana campuran sangat cocok buat para investor yang memiliki tujuang jangka menengah yaitu sekitar 3 sampai 5 tahun.

Secara umum dalam reksa dana campuran, manajer investasi bisa mengatur portofolio saham dengan obligasi dan hal ini dilakukan agar pengembalian bisa lebih maksimal. Produk investasi ini memang sudah populer di Indonesia sejak lama, namun masih banyak masyarakat yang ragu dengan kegiatan investasinya.

Baca juga: Mau Berinvestasi? Inilah Dia 4 Jenis Investasi Jangka Pendek

Itulah bahasan lengkap mengenai jenis investasi jangka menengah dan semoga semua informasi yang kami berikan dapat bermanfaat untuk para pembaca.

Check Also

Mengenal Kelebihan Menabung Emas di Pegadaian

Investasi emas merupakan salah satu cara investasi yang sudah ada sejak lama dan investasi emas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Left